Online Talkshow: Best Practice untuk Pengembangan Proyek NbS

04 Oct 2024

Latar Belakang

Best Practice untuk Pengembangan Proyek NbS: Pembelajaran dari Perspektif Iklim, Masyarakat, dan Keanekagaraman Hayati akan diangkat dalam sebuah online talkshow yang menghadirkan pakar dari pemerintah dan Daemeter. Nature-based Solution (NbS) adalah solusi yang dapat membantu negara-negara mengatasi perubahan iklim dan berpotensi menjadi pangsa 37% dari upaya mitigasi CO2 yang dibiayai secara efektif, demi menjaga suhu global tetap di bawah 1,5 derajat Celsius sebagaimana tercantum dalam tujuan Perjanjian Paris. (Griscom et al., 2017; Cohen -Shacham et al., 2016). 

Saat ini, dunia sedang menghadapi triple planetary crisis atau tiga krisis besar yang akan menentukan keberlanjutan kehidupan di Bumi. Pengembangan dan investasi pada proyek Nature-based Solution (NbS) yang berkualitas sangatlah penting untuk mengatasi krisis lingkungan dan menyalurkan dana iklim secara efektif. Proyek NbS yang berkualitas adalah kontribusi nyata dalam mengurangi emisi gas rumah kaca, sekaligus memberikan manfaat seperti pelestarian keanekaragaman hayati dan pengembangan komunitas masyarakat. Proyek NbS yang telah diverifikasi dan berkualitas tinggi juga dapat memperkuat reputasi perusahaan dengan menunjukkan komitmen nyata terhadap pengembangan keberlanjutan dan iklim. 

 

Topik

  1. Bagaimana mendefinisikan proyek NbS yang berkualitas tinggi?
  2. Manfaat apa yang seharusnya dapat diciptakan dari menjalankan proyek NbS di luar sebatas pencegahan emisi dan/atau penyerapan karbon? 
  3. Apakah perlu ada regulasi khusus yang mengatur mekanisme pembagian manfaat iklim, sosial, dan keanekaragaman hayati, baik dari pemerintah maupun pembuatan standar, untuk memastikan pembagian yang adil antara masyarakat, pengembang proyek, dan pelaksana proyek?


Tanggal Acara 

     Hari, tanggal : Kamis, 17 Oktober 2024 

     Pukul : 14.00 – 15.30 WIB 

 

Agenda Talkshow: 

Waktu (WIB) 

Agenda 

PIC 

14.00 – 14.05 

Pembukaan 

MC 

14.05 – 14.50 

Talkshow

Moderator 

14.50 – 15.20 

QnA

Moderator 

15.20 – 15.25  

Kesimpulan  

Moderator  

15.25 – 15.30 

Penutupan 

MC 

 

Registrasi kunjungi tautan berikut: